Friday, November 07, 2008

[imel] Too Much Information Will Kill You?

Terlalu banyak imel setiap hari yang gue terima, membuat arus informasi berjalan terlalu cepat di sekitar gue; buzzing things passed around me, yet they were unimportant, small detail that consumed most of my time.. Ga heran sampe gue menjadi "sangat responsif" terhadap info-info dari imel-imel ini. Segala macam info, joke, gambar, animasi, klip lucu, apa pun itu bentuknya, bisa datang menuju inbox gue berkali-kali. Yang jelas, dibanding temen-temen di sekitar gue, tebak sapa yang paling jayus kalo diceritain sebuah joke? GUE! Abis udah denger sih sebelumnya.. Tapi siapa juga yang suka tulalit nanggepin suatu gosip? Gue juga!
 
Lho, kok  gue juga???
 
Banyaknya imel itu gak membuat gue well-informed dengan hal-hal yang terjadi di dunia ini, malah kadang buat gue gondok karena waktu untuk donlod imel jadi lamaa, dah gitu belon abis dibaca, udah ada antrian imel baru... Bisa dibayangkan, gue adalah orang pertama yang langsung minta mati aja ke Tuhan kalo disuruh pake blackberry ama bos gue. Bukan apa-apa, gue yakin banyaknya imel itu bakal ngalahin jumlah tarikan napas gue dalam sehari. Hiperbolik? Emang, baru tau??! Nah, akhirnya gue suka kelewatan berita-berita yang kadang cuma ada 1 di inbox gue... Kan ada berita populer yang saking tenarnya, banyak yang forward. Tapi ada juga berita unik yang ga ada dobelannya. Akhirnya gue ga ngeh pas tiba-tiba Dewi Persik udah cerei, ato Angel Karamoy hamil di luar nikah. Sayang padahal, udah buat album rohani gitu, mo ngomong apa ama dunia kalo kayak gitu? Eh, maap sodari-sodara, kok malah jadi curhat colongan gini yah gara-gara dulu sempet naksir doi tapi ga kesampean...
 
Tapi mo gimana lagi, gue emang kesel, sama seperti kesel gara-gara teller di bank NISP Pondok Indah Plasa 5 tiba-tiba berubah. Sebabnya sama: kurang informasi! Udah lama emang gue ga nyetor di situ, karena kadang kalo lagi tugas di luar kantor, ya gue nge-bank di tempat lain juga, skalian biasanya menghemat uang parkir. Kemaren pas ke sana, taunya si manis yang biasanya nyapa gue karena udah apal, diganti ama sesosok trainee. Plus ada emak-emak ngomel-ngomel pula, bikin gak nyaman sama skali... Doooh, padahal sosok manis di meja itu selalu jadi penghibur setia gue sebulan sekali. Maap yah daku tak sempat mengucapkan kata-kata perpisahan...
 
Ok, balik to the blackberry, shall we? Ada yang mo beli ga? Harganya kalo diliat-liat sih ga mahal, untuk ukuran orang kaya. Lagian orang miskin mana juga yang mo beli blackberry? So, kalo lo pengen beli blackberry, tapi ngerasa harganya kemahalan, tau diri ya guys, means that cutie little thingy is not meant for you!! Karena itu berarti lu belon pantes punya barang itu. Tadi pagi gue cerita-cerita ama bokap. Bokap gue cukup menemukan kesenangan dalam menjual barang yang satu ini, karena cukup langka, dan perbandingan antara revenue/effort ga separah hape-hape lainnya. Dengan terbatasnya penjualan barang resminya, sebenernya yang dapet untung akhirnya barang gelapnya. Hal yang sama juga terjadi dengan i-phone. Barang ini sebenernya ga butuh waktu lama untuk jadi populer di indo, kalo aja barang resminya buruan dirilis di sini. Tapi karena ga ada kabar soal itu, ya kembali lagi, barang gelapnya merajalela di pasaran. Sebenernya kalo bokap gue mau agak sradak-sruduk, dengan modal internet unlimited 100-200rb sebulan, mungkin dia bisa jualin barang-barang ini, yang infonya dengan gampang berseliweran di inet. Forum terbesar se-indonesia (yak seratus! itu kaskus namanya... sapa tadi yang bilang forum big-reds? ah geer lu mo jadi forum yang terbesar, ntar deh ya kapan-kapan...) dan situs jual-beli paling populer (sepengetahuan gue) yaitu iklanbaris.com punya banyak sekali barang kayak gitu, begitu juga situs ponseljakarta. Jangankan blackberry atau i-phone, ngomongin kaskus itu sagala aya deh, dari kacamata item nan trendi sampe MacIntosh terbaru (eh, bener yah? soalnya gue semi-ngarang, abis ampir ga pernah masuk situ).
 
 
Oh well, berhubung banjir informasi seperti ini, sebenernya ga salah kalo gue mau jadi semacam prosesor yang mengolah semuanya dan kemudian membagikan kembali ke komunitas (cieileee, bahasanya beratss boo!!!), dengan cara menulisnya di blog. Niatnya bener-bener tulus murni seputih salju, realisasinya yang jauh milan dari roma (maksudnya posisinya di klasemen seri-A, saat tulisan ini dibuat), jadi malu sendiri deh kalo dicela-cela ama sesama blogger lain yang lebih konsisten...
 
Rencananya ke depan gue akan menulis berbagai hal-hal topikal berdasarkan hari-hari tertentu dalam seminggu. Topiknya kira-kira: (i) film; (ii) musik; (iii) sosial; (iv) gaming; (v) WWSD (what would steve do); (vi) church-time devotional. Yang sudah pasti itu adalah poin (i), (iii), (v). Poin (vi) agak meragukan, karena sebenernya udah ada blognya tersendiri, tapi ga pernah diisi; sedangkan topik olahraga ga masuk di sini, karena udah ada blog yang lain. Dan bukan hanya satu, dua, tapi TIGA, sodara-sodari... Jadi malulah daku kalo sampe semuanya terbengkalai, seperti yang pernah diprediksikan oleh rekan blogger gue. She seems to know me better than i do, hohoho...
 
 
Key now, before i end this post, here is one of my all-time favorite humor column, from an Indian-born American columnist, Melvin Durai. Enjoyclick to enter site

2 comments:

Anonymous said...

Between us speaking, I would try to solve this problem itself.

Anonymous said...

You commit an error. Write to me in PM.