Thursday, March 27, 2008

KUNOKINI - Yang Unik, Yang Aneh

Pagelaran Musik Perkusi Etnik “KunoKini”
WedsNight @ BentaraBudayaJakarta


Ya unik acaranya, ya aneh-aneh juga penontonnya... Ada yang pake pakaian tradisional (ya iyalah, karena musiknya agak berbau tradisional sih, lagian kan mereka panitianya, jadi lebih ngerti lah, masa panitia salah kostum??), ada yang pake kombinasi modern-tradisional (kebanyakan bagus sih, cocok dan modis, tapi ada satu yang "kurang enak dipandang"), mayoritas gondrong (bener-bener salah timing potong rambut neh :((( ), beberapa rapi (termasuk gue!!! gosh, salah kostum neh, huhuhu... mana tadi di kantor pake nyemir spatu dulu lagi, padahal udah filing sih bakal beda banget suasananya ama yang di erasmus minggu lalu -> see my previous blog). Tapi buat best costume of the night, gue vote buat bapak-bapak (yah, middle-40 lah), pake kaos oblong biru tua, yang dimasukkin ke celana bahan berikatpinggangkan kulit, yang dimasukkan ke sepatu ketsnya (bayangin dulu deh celana yang dimasukkin ke sepatu :D )

Sesi pertama dimulai "agak" telat, katanya nunggu undangan dulu. Ya udah deh, akhirnya dimulai juga jam 19.55 pake kata sambutan ucapan terima kasih buat sponsor yang membuat grup ini mampu pentas ke aussie... (padahal tu undangan ternyata baru dateng pas udah mo mulai, kira-kira 5 menit kemudian; gue tau karena tu undangan duduknya persis di belakang gue... dan ga nyadar juga kalo gue itu duduknya di kursi VIP :)) ternyata ada hikmahnya juga pake baju rapi)

Ok, mulai!
Lagu pertama (04:55) kurang jelas judulnya, sangat etnik (soalnya ga ada alat musik melodinya sama skali!). Lanjut lagu kedua (03:40), juga ga jelas, tapi udah mulai pake alat musik melodi, sejenis gamelan, karena cuma punya 7 bilah (tapi kalo denger suaranya, kok lebih deket ke kolintang yah?). Trus disusul ama "Lagu Jawa", katanya terinspirasi dari gempa di Jogja (aduh, yang ini apa lagu yang sesudah ini yah? sori lho kalo salah...) (07:40), cukup menggambarkan ke-jawa-annya dengan baik. Kalo aja gue ga kebelet pipis, pasti lagu ini ga terasa lama, karena dimainkan dengan harmoni yang indah.

Kemudian ada sedikit rekomposisi di panggung, now they played with vocal, dan juga tarian; masuk dua orang pesinden (abis posisinya sinden banget!!), satu cowo satu cewe, dengan satu vokalis utama cewe, merangkap penari. Lagunya juga ga ngeh judulnya apa (18:11), tapi yang jelas makin memperkuat hasrat gue untuk... pipis!!!


Ada jeda sejenak dua jenak, mereka ngobrol di panggung, gue pipis dulu deh...

Berikutnya (10:11), adalah komposisi yang gue incer dari awal, karena di video pra-pertunjukkan gue liat dan gue paling demen yang ini, ampir telat tadi masuknya gara-gara lalu lintas di luar cukup padat.

then came the...
--break--

Sesi kedua dimulai dengan sesuatu yang "kurang lazim", karena ada gitar ikut bermain (06:40), dengan irama yang nge-bossas, asik men! Setelah berdendang dengan instrumen di menit awal, ternyata liriknya adalah "gundul pacul gembelengan" yang dinyanyikan berulang-ulang (note: liriknya hanya 3 kata itu saja, bukan lirik lagu "gundul pacul" yang sebenarnya...), cukup mengundang tawa dan impresif. Disusul lagu R&B (05:50), "Souljah" (WOW!!!), with additional vocalist yang jago nge-rap (ya ga nge-rap betulan sih, ga kayak orang ngomel gitu), yang membuat suasana tambah panas di dalam sana (ngajak joged-joged sih, tapi cuma 2-3 orang yang berani malu). Lalu sedikit cooling down dengan lagu "Feeling The One" (06:00) yang mengajak kita untuk menyingkirkan perbedaan dan mengutamakan persatuan.

... ngobrol lagi tiga jenak, trus mereka ngeluarin lagu melodius nan sedih...

"Sahabat" (08:00) bercerita tentang kepergian sahabat yang takkan kembali lagi, bener-bener membuat gue menitikkan air mata...

udah begini, ga ada yang nyangka mereka bakal ngocol lagi... but they did!

"Bluyamko" (04:20), katanya judulnya itu (ga tau kalo gue salah denger), agak aneh juga, karena di depannya berlirik inggris; taunya... di belakangnya ada "Yamko Rambe Yamko"!!! Wah, boong banget deh kalo lo bilang lo ga tergugah rasa nasionalismenya pas denger lagu itu. Apalagi pas di akhir lagu vokalisnya bilang: "daripada kita ribut sana-sini, langsung aja mainin lagunya; mereka boleh klaim sesuka mereka, tapi ini budaya kita" (kira-kira begitcu; maaph kalo ga persis, gue emang suka improvisasi kelewat batas)

Abis dia ngomong begitu, sebenernya udah ketebak donk apa yang selanjutnya: "RASA SAYANGE"! (03:24)(02:15) Tapi ada sedikit apresiasi juga buat "para wanita di belakang pria-pria sukses ini" (ada yang aneh: yang di panggung 4 cowo, napa cewe yang ditarik cuma 3?? oo, ternyata yang 1 masih jomlo =)) ). Kali ini jogednya lebih liar. Yang joged juga mulai nyeret-nyeret temennya ke atas panggung (wah, kalo gue ga salah kostum, rasanya mau aja tuh bernorak-norak bergembira ria di situ...). Trus acaranya ditutup kayak model pertunjukkan di tipi-tipi gitu: pembawa acaranya masuk pas lagunya masih main, ngucapin terima kasih dan sampai jumpa, trus pas mereka pergi, musiknya belum selesai.

Udah deh, penutupnya bener-bener pas! Tapi show yang bagus biasanya memang menyimpan pamungkas kalo-kalo ada "curanmor" (we want more, maksudnya...), jadilah encore! (03:15) (gara-gara keseringan main "Guitar Hero" nih, jadi deh apa-apa encore, apa-apa encore!) Kalo yang ini, rasanya udah ga malu-malu lagi tu orang-orang di situ (yang memang komunitas fans mereka semua), udah liar abis-abisan deh, mana liriknya - kalo gue ga salah denger - bener-bener serasa membawa pendengarnya ke flower generation (WOODSTOCK, booo!!!): "babe, i want to f*** you!"


Thankyou KunoKini, thankyou BentaraBudaya, thankyou catering, and thankyou An (inisial yang tidak sebenarnya)!

Then i went home satisfied... and hungry!

What a nice ending to my lovely day!


Footnote: untung pulangnya gue beli ketoprak, karena di rumah makan malamnya ternyata... botox (yaiks, i hate it!) - so i still had a happy ending yesterday :D


4 comments:

Anonymous said...

Thanks Banget neh atas artikel yang anda buat...!!!
doain kita supaya selalu sukses dan bisa mengharumkan negara indonesia dengan alat - alat musik tradisonalnya....

BIG RESPCET
-KUNOKINI-

Nitingke said...

kayaknya acaranya bagus banget.. kalo pengen baju yg sesuai, gw ada kebaya di rumah.. napa gak mampir dulu n minjem waktu itu?
thank you An --> ini maksudnya adek gw? krn gak les yah? jd lo bisa nonton? hehe... *nebak*

Steve said...

hi rizky, thx udh mo mampir 'n jg bwt komenny.. ok, gw akan slalu dukung muzik tradisional indonesia, spy ttp lestari 'n bergema di dunia.. kabarin aja kalo ada event lg :D

Steve said...

hi nitingke (sok formal), thx buat komennya dan krn udh mo mampir di blog saya yg bersahaja ini... pan wkt itu gw dah sms pas nyampe, tp sapa ya yg ga bls? :-?

YOA, thx to your bro, gw bs ntn show fenomenal itu, magnifico!!! :D